Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SLB-C MUZDALIFAH MEDAN
Tema : Tempat Umum
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKN
- Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah
2. IPS
- Memahami istilah yang berhubungan dengan lingkungan sekitarnya.
- Memahami penggunaan waktu
3. IPA
- Memahami berbagai sumber energi
4. Matematika
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 10
- Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah.
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
- Mendengarkan pembacaan teks pendek dan p.uisi anak.
Berbicara
- Bertanya kepada orang yang belum dikenal dan menampilkan cerita puisi.
Membaca
- Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
- Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Melakukan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivasi jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar :
1. PKN
- Melaksanakantata tertib di rumah.
- Memberikan contoh perbuatan tata tertib di rumah.
- Mematuhi tata tertib di sekolah.
- Menyebutkan contoh tata tertib yang ada di sekolah.
2. IPS
- Mengenal benda-benda di sekitar sekolah dan ruang-ruang yang ada di sekolah.
- Mengidentifikasi jam kegiatan sekolah dan mengidentifikasi jam kegiatan seusai sekolah.
.3. IPA
- Menyebutkan berbagai sumber energi yang ada di lingkungannya.
- Menyebutkan manfaat energi terhadap makhluk hidup.
- Menyebutkan kegunaan energi dalam kehidupan sehari-hari.
4. Matematika
- Melakukan penjumlahan banyak benda sampai 10.
- Melakukan penjumlahan sampai 10.
- Mengurutkan bilangan 1-10.
- Melakukan pengurangan banyak benda sampai 10.
- 5. Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
- Mendeskripsikan isi puisi
- Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
- Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat.
- Menyimpulkan isi teks pendek ( 3-5 kalimat ).
- Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
- Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik.
6. Seni Budaya Keterampilan.
- Melakukan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan menyenangkan.
- Melakukan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana.
- Melakukan gerak dasar melempar, menangkap, menendang dan mengiringi bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana.
I. Tujuan Pembelajaran****:
Siswa dapat :
- Melaksanakan tata tertib yang ditetapkan oleh sekolah.
- Melaksanakan perbuatan tat tertib di lingkunagn rumah yang ditetapkan oleh keluarga.
- Menceritakan suasana dan keadaan lingkungan sekolah.
- Menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah.
- Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.
- Menceritakan suasana dan keadaan lingkungan rumah.
- Mengidentifikasi jam yang sesuai dengan kegiatan sekolah.
- Mengidentifikasi jam yangb sesuai dengan kegiatas seusai pulang sekolah.
- Mengelompokkaan kegiatan yang sesuai dengan jam sekolah.
- Mengelompokkan kegiatan yang sesuai dengan jam seusai sekolah.
- Menyebutkan jenis kegiatan yang dilakukan disekolah.
- Menyebutkan jenis kegiatan yang dilakukan dirumah.
- Menyebutkan bilangan angka 1-10.
- Mengurutkan bilangan 1-10.
- Menjumlahkan banyak benda sampai 10.
- Membandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
- Menimbang benda dengan kedua tangan.
- Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
- Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
- Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
- Membaca teks dengan bersuara.
- Menceritakan kembali isi bacaan.
- Membaca puisi
- menceritakan isi puisi.
- Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
- Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
- Bergerak sesuai dengan perintah guru.
- Melakukan gerak dasar (jalan, lari, dan lompat) sesuai denagn perintah.
- Melakukan menangkap dan melempar bola dengan fokus dan terarah.
- Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
- Hidup tertib di lingkungan sekolah dan rumah.
- Karton angka
- Benda-benda disekitar sekolah.
- Kegiatan sekolah dan kegiatan seusai sekolah.
- Alat ukur panjang tidak baku dan baku.
- Mendengarkan teks pendek.
- Puisi
- Membaca bersuara
- Melengkapi kalimat.
- Menulis pengalaman
- Bergerak variasi
- Menyanyikan lagu
III. Metoda Pembelajaran :
- Ceramah
- Diskusi.
- Tanya jawab.
- Demontrasi.
- Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
- Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
- Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
- Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
- § Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak sebuah cerita
F penjelasan guru tentang membandingkan berat benda
- § Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak sebuah cerita yang dibacakan guru , kemudian menyalinnya ke dalam stulisan apa yang didengarnya.
F Melalui penjelasan guru tentang siswa mengurutkan banyak benda yang ada di kelas dan dapat menjumlahkan dengah benar.
- § Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia, IPS)
- § Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
- § Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyelesaikan soal tentang penjumlahan bilangan 1-10.
F Setelah menyimak bacaan guru, siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita.
F Dengan penjelasan guru tentang sebuah percakapan penting yang pernah dialami seseorang baik itu menyenangkan maupun tidak menyenangkan, diharapkan siswa dapat menceritakan pengalamannya sendiri yang menyenangkan di sekolah dan dirumah.
- § Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
- § Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
- § Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat mengerjakan soal penjumlahan 1-10.
F Setelah mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru , siswa dapat menceritakan kembali dengan bahansa sendiri.
- § Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit ( B.Indonesia ,PKN , IPA )
- § Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
- § Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang lingkungan alam siswa dapat menyebutkan contoh sumber energi yang ada di sekitar lingkungan.
F Memperagakan pembacaan puisi di depan kelas.
F Melalui penjelasan guru tentang ketertiban dan kerukunan, siswa dapat mencontohkan sikap ketertiban yang harus dlaksanakan disekolah.
- § Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika )
- § Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
- § Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyimak , menafsirkan, dan menjelasakna isi puisi yang dibacakan oleh teman.
F Melalui penjelasan guru, diharapkan siswa dapat memberikan tanggapan positif terhadap cerita yang disampaikan teman.
F Menjelaskan cara penjumlahan bilangan 1-10.
- § Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit (Matematika , IPS, SBK )
- § Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
- § Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjaakan soal yang berhubungan dengan penjumlahan.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menngelompokkan jenis-jenis sumber energi yang ada disekitar lingkungan.
F Melalui penjelasan guru, guru menyampaikan manfaat energi yang ada disekitar lingkungan.
F Melalui musik irama, siswa dapat bergerak dengan variasi mengikuti irama musik.
- § Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD , Penerbit Buku relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Buku relevan.
- Alat Peraga :
F Alat ukur ( meteran, mistar )
F Gambar benda-benda langit
F Foto keadaan sekolah dan rumah.
F Kayu dan buku.
Diketahui Oleh
Kepala Sekolah…………..
( )
|
…………..,…………….20……..
Guru Kelas
( )
|